Siswa serta pengawas peserta ujian nasional (Unas) Paper Based Test (PBT), keheranan dengan materi ujian Bahasa Inggris, Rabu (15/4/2015).

Mereka heran lantaran materi listening tidak sama dengan materi masalah ujiannya. Kepala SMA Taman Madya, Kota Malang, Ki Purnomo Adjie menuturkan masalah itu berlangsung di jam pertama Unas.

Awal mulanya, siswa kerjakan Unas itu dengan lancar. Namun, demikian materi listening didengarkan siswa di buat heran. "Materi listeningnya, menurut siswa tidak sama dengan yang di teks," kata Purnomo.

Masalah itu berlangsung sejumlah 15 nomer. Sesaat, keseluruhan masalah Unas Bahasa Inggris sejumlah 60 nomer.

Walaupun demikian, lanjut Adjie, proses Unas tidak dipending. Pria yang juga menjabat juga sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Swasta ini menuturkan siswa terus disuruh kerjakan masalah Unas Bhs Inggris sampai usai.

"Untuk persoalan ini, pengawas telah kami minta untuk memasukannya pada berita acara. Hingga, Unas terus jalan," tegasnya. Ia juga memberikan masalah ini berlangsung di semua SMA swasta di Kota Malang, yang mengambil jurusan IPS.

Aksi yang di ambil, tuturnya, juga sama juga dengan aksi di sekolahnya. "Siswa disuruh kerjakan Unas sampai selesai," kata Purnomo.

Masalah ketidakcocokan soal materi listening Bahasa Inggris (Paper Based Test/PBT) juga terjadi di Kabupaten Sidoarjo. Rabu (15/4/2015). Kemudian, tidak ada satupun peserta Unas yang mengerjakan materi soal ini.

Kepala Dinas Pendidikan Musta'in Baladan, mengatakan "ketidakcocokan ini membuat peserta UNAS kebingungan, ketika CD soal diputar, ternyaa tidak cocok. Jadi terpaksa dihentikan," ujar Mustain, Rabu (15/4/2015).
Axact

Jatim Event

Jatimevent.com adalah Sebuah Media Social dan Event yang bertujuan untuk Berbagi. Kami berkomitmen untuk memberikan konten yang terbaik dari seluruh jejaring sosial dan blog, khususnya seputar wilayah Jawa Timur kemudian mengirimkannya ke pengguna kami. Semua konten kami berasal dari masyarakat, media sosial dan blogger yang telah diposting atau diserahkan kepada Jatimevent.com

Post A Comment:

0 comments: