Gempa 4,2 SR Melanda Madiun, 57 Rumah Warga Rusak
Jatimevent.com - Gempa berkekuatan 4,2 Skala Ritcher mengguncang lokasi Madin mengakibatkan 57 rumah warga Desa Klumutan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun rusak, Kamis malam (25/06/2015). Tujuh salah satunya rusak berat.

Mujur gempa itu tak menyebabkan korban jiwa. Tetapi gempa itu bikin warga cemas. Berdasar pada data Badan Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) gempa juga dirasa beberapa lokasi Kabupaten Nganjuk yang berbatasan dengan Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

"Tidak cuma saya, warga yang lain juga bingung lantaran goyangan gempa itu. Kami pernah menyelamatkan diri sekeluarga," ucap Diro warga Desa Klumutan, Kecamatan Saradan, Kamis (25/06/2015).

Berdasar pada laporan BMKG, gempa itu ada di kedalaman 10 km. dengan pusat gempa ada di darat 12 km. tenggara Madiun.

Mulai sore sampai malam, beberapa petugas Pemkab, Polres, serta Kodim Madiun selalu mendata serta mengevakuasi warga ke tempat lebih aman.

"Kami meminta warga tempat tinggalnya dalam keadaan bahaya, supaya tak ditempati serta dikosongkan," terang Pelaksana Harian Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Madiun, Edi Harianto.

Bekas Sekretaris Inspektorat Pemkab Madiun ini mengakui telah menyiapkan dapur umum untuk warga yang mengungsi.

Diluar itu, mempersiapkan pertolongan tenaga dari Polres serta Kodim Madiun supaya kirim personel ke Desa Klumutan yang terdapat di pinggiran rimba Saradan.

"Hingga saat ini kami selalu memonitor keadaan tempat berbarengan semua deretan petugas," tegasnya.

Tengah Kapolres Madiun AKBP Yoyon Tony Surya Saputra menyatakan untuk menolong di tempat gempa pihaknya kirim personel Polsek Saradan dengan kemampuan 50 personel.

Diluar itu juga menyiagakan satu peleton petugas Sabhara di Polsek Saradan. "Siaga itu, untuk menghadapi personel bila terasa kelelahan menolong warga di lapangan," ujarnya.
Axact

Jatim Event

Jatimevent.com adalah Sebuah Media Social dan Event yang bertujuan untuk Berbagi. Kami berkomitmen untuk memberikan konten yang terbaik dari seluruh jejaring sosial dan blog, khususnya seputar wilayah Jawa Timur kemudian mengirimkannya ke pengguna kami. Semua konten kami berasal dari masyarakat, media sosial dan blogger yang telah diposting atau diserahkan kepada Jatimevent.com

Post A Comment:

0 comments: