Beberapa jadwal perjalanan kereta api di lokasi Daerah Operasi IX Jember selama Kabupaten Banyuwangi-Pasuruan alami pergantian mulai 1 April 2015.

"Semua rangkaian kereta di lokasi Daop Jember alami pergantian jadwal serta kami telah sosialisasikan itu jauh-jauh hari pada penumpang," kata Manajer Humas PT Kereta Api Daop IX Jember, Eko Sri Mulyanto, Selasa (31/3/2015).

KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto alami pergantian jadwal dari jam 05.10 WIB jadi 05.00 WIB, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta beralih jadi 06.30 WIB, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang jam 05.00 WIB dari Stasiun Banyuwangi.

Sesaat KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya jam 13.30 WIB, KA Pandanwangi jurusan Banyuwangi-Jember jam 10.00 WIB, sedang kereta kelas usaha serta eksekutif KA Mutiara Timur siang jurusan Banyuwangi-Surabaya jam 09.00 WIB serta Mutiara Timur malam jam 22.00 WIB.

"Sebagian aspek yang mengakibatkan pergantian jadwal lantaran penyesuaian jadwal perjalanan kereta api di banyak daerah operasi (Daop) lain, pelajari dari pihak kereta api berkenaan dengan perjalanan kereta, serta untuk kebutuhan operasional sepanjang perjalanan di beberapa stasiun," tuturnya.

Diluar itu, lanjut dia, pergantian jadwal kereta api mempunyai tujuan untuk penuhi hasrat pasar agar jadwal kereta api bisa bersinergi dengan moda transportasi yang lain.

"Tentu pergantian jadwal itu juga mengutamakan aspek keselamatan semua penumpang serta ketepatan saat, hingga bisa menjawab keperluan orang-orang untuk transportasi yang bebas macet serta nyaman," tuturnya.

PT KAI Daop Jember juga memberlakukan penyesuaian tarif untuk kereta kelas ekonomi jarak jauh, menengah, serta pendek sekitar 80-100% yang diaplikasikan per 1 April 2015.

Kenaikan harga ticket beberapa rangkaian kereta api lantaran kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) serta kenaikan cost operasional kereta.

Harga ticket KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto naik dari Rp 50.000 jadi Rp 80.000, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta naik dari Rp 50.000 jadi Rp 80.000.

Lalu KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang naik dari Rp 30.000 jadi Rp 65.000, serta ticket ekonomi jarak pendek KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi naik dari Rp4.000 jadi Rp 8.000.
Axact

Jatim Event

Jatimevent.com adalah Sebuah Media Social dan Event yang bertujuan untuk Berbagi. Kami berkomitmen untuk memberikan konten yang terbaik dari seluruh jejaring sosial dan blog, khususnya seputar wilayah Jawa Timur kemudian mengirimkannya ke pengguna kami. Semua konten kami berasal dari masyarakat, media sosial dan blogger yang telah diposting atau diserahkan kepada Jatimevent.com

Post A Comment:

0 comments: