Seseorang mahasiswa Fakultas Pertanian, Kampus Dr.Soetomo (Unitomo), Surabaya, Jawa Timur, Syamsul Arifin, bikin es cream dari buah mengkudu. Buah kaya manfaat itu diambil juga sebagai bahan penambahan es cream serta bernilai jual dan menguntungkan.

Syamsul pilih buah yang termasuk suku Rubiaceae itu lantaran memiliki kandungan zat aktif salah satunya senyawa terpenoid, zat anti bakteri, serta anti-oksidan yang berguna untuk badan. Sedang bahan paling utama es cream yaitu susu di ketahui memiliki kandungan vitamin, kalsium, protein, serta lemak hingga kombinasi dengan buah mengkudu jadi komplit.

Es cream mengkudu karya Syamsul ini membuahkan sebagian temuan. Salah satunya ada kandungan protein 7,68% serta lemak 5,37%. Sesaat berdasarkan pada uji organoleptik atau uji indera, banyak yang suka pada es cream mengkudu ini. Beberapa mahasiswa Kampus Dr.Soetomo mengakui menyukai es cream buatan Syamsul ini walau baru pertama kali mencicipi.

Kedepannya, es cream mengkudu ini bakal di produksi lebih banyak sesudah disempurnakan. Es cream mengkudu ini bakal di jual Rp3.000 per gelas kecil.

Berikut ini beberapa kandungan Zat yang dimiliki Buah Mengkudu:
  1. Zat Nutrisi: Buah mengkudu mempunyai kandungan gizi yang cukup komplit. Satu diantaranya yaitu zat nutrisi yang sangatlah berguna untuk badan, kandungan lain buah Mengkudu yaitu protein, vitamin, dan mineral utama. Selenium yang ada dalam buah mengkudu adalah zat anti oksidan yang hebat.
  2. Terpenoid: Kandungan yang lain yang ada pada buah Mengkudu yaitu Zat Terpenoid. Zat ini bermanfaat untuk menolong sistem sintesis organic serta berguna juga untuk pemulihan beberapa sel pada badan.
  3. Zat Anti Bakteri: Ada beberapa zat aktif pada sari buah mengkudu sangatlah bermanfaat untuk mematikan bakteri juga sebagai pemicu infeksi, umpamanya yaitu Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli serta Bacillus subtilis. Zat anti bakteri yang terdaat dalam kandungan buah Mengkudu itu juga bermanfaat untuk mengontrol bakteri pathogen (bakteri yang mematikan) seperti S.typhi, Salmonella montivideo, S. scotmuelleri.
  4. Zat Anti Kanker: Kandungan beberapa zat anti kanker didalam buah mengkudu sangatlah efisien untuk melawan beberapa sel abnormal.
Axact

Jatim Event

Jatimevent.com adalah Sebuah Media Social dan Event yang bertujuan untuk Berbagi. Kami berkomitmen untuk memberikan konten yang terbaik dari seluruh jejaring sosial dan blog, khususnya seputar wilayah Jawa Timur kemudian mengirimkannya ke pengguna kami. Semua konten kami berasal dari masyarakat, media sosial dan blogger yang telah diposting atau diserahkan kepada Jatimevent.com

Post A Comment:

0 comments: